Kamis, 19 April 2012

“EMOSIGN | REDESIGN YOUR EMOTION”






Apa Makna dari Tanda Tangan Anda?
Mengetahui seperti apa Pasangan Hidup Anda?
Ubah Tanda Tangan bisa mengubah Emosi seseorang?
Ubah Tanda Tangan bisa mengubah Masa Depan?
Sabtu, 14 April 2012, saya dan anak-anak asrama PPMU WAMY menghadiri seminar tentang “Emosign (Redesign Your Emotion)” di Universitas Al Azhar Indonesia. Dengan pembicara yang tak kalah serunya, Ahmad Sofyan Hadi, M.ES (Master Trainer Emosign Indonesia) dan dr. Andhyka Sedyawan (@AmazingMentor, #1 Amazing Life Coach in Asia, Penulis Best Seller Amazing You).
Dalam seminar ini Mr. Ahmad Sofyan Hadi, M.ES mengangkat tema tanda tangan. Mr. Ahmad Sofyan  Hadi M.ES ini menguak sejuta rahasia dibalik tanda tangan kita. Ehm,, tentunya bagi saya tema ini sangatlah menarik. Ada apa ya sebenernya dibalik tanda tangan kita??? (Perasaan juga biasa-biasa ja). Apakah bener tanda tangan kita itu mempunyai makna? Apakah bener tanda tangan itu dapat mengubah nasib kita??
Zupz, bagi orang awam, mungkin ini tidak masuk akal. Apa hubungannya tanda tangan dengan nasib? Bagaimana hanya dengan mengganti tanda tangan bisa mengetahui dan merubah nasib seseorang?
Berjuta-juta pertanyaan pasti muncul di benak kita, bagaimana bisa dengan mengubah tanda tangan dapat mengubah kebiasaan lupa seseorang membawa sesuatu saat berpergian? Jangan-jangan ini ilmu klenik?hahaha 
Saat kita bicara, kita mengungkapkan perasaan/pikiran kita sesuai kontrol kita. Namun sebenarnya, ada hal lain yang ikut “berbicara” tanpa kontrol kita alias dibawah kesadaran kita, ia adalah tubuh kita yang berbicara dengan bahasanya. Makanya kita mengenal istilah bahasa tubuh.
Saat menulis pun demikian, ada “pesan” lain yang tak sadar kita goreskan lewat guratan tulisan tangan kita. Kalau tidak percaya, coba tulis kata “sekolah” setelah membayangkan peristiwa yang menyenangkan, sangat menyenangkan. Sekarang ganti peristiwanya, bayangkan pengalaman yang memalukan lalu tulis kata yang sama. Tulisan “sekolah”-nya beda bukan? Perhatikan kerapatan, ketebalan, tekanan, bentuk huruf, dan masih banyak lagi. Intinya, perubahan tulisan dipengaruhi oleh emosi kita.
Untuk tanda tangan yang guratannya cenderung sama dalam waktu yang lama, maka ia “menceritakan” kondisi emosi yang dialami penulisnya dalam waktu lama pula. Jadi melalui tanda tangan, kita bisa melihat “pesan-pesan” lain gambaran emosi orangnya, sekali pun pesan itu sangat rahasia.
Apakah pesan itu selalu sama? Tentu tidak, bergantung perubahan emosi orangnya. Bila emosinya positif, kita akan melihat pesan-pesan positif dalam tanda tangannya. Bila emosinya negatif, kita juga akan melihat pesan-pesan negatif dalam tanda tangannya.
Contoh, seorang wanita memiliki tanda dalam salah satu coretan tanda tangannya, saya sebut; ketidaknyamanan di daerah perut bawah. Lalu dia bilang, “iya, saya sedang haid”. Di lain waktu, tanda itu hilang seiring berakhirnya masa haid.
Selain tanda-tanda yang spesifik, kita juga bisa melihat emosi penulisnya melalui bentuk tulisan tanda tangan yang memang sudah umum, seperti bulatan,segitiga, garis bawah, atau titik. Hanya saja, karena bentuk tulisan itu sudah tetap, maka sebenarnya itu menandakan situasi emosi yang tetap juga ATAU sikap penulisnya  terhadap sesuatu yang tetap.
Bila tulisan dipengaruhi emosi, bisa tidak mengubah tanda tangan membantu mengubah emosi yang lama disimpan? Ingat, konteks emosi di sini adalah sikap penulisnya terhadap sesuatu, seperti rasa dendam karena disakiti waktu kecil oleh saudara kandung. Nah rasa dendam adalah sikap dia terhadap pengalamannya tadi.
Ternyata, kalau Anda ingin menulis dengan indah, salah satu syaratnya adalah kondisi hati yang nyaman. Artinya bila Anda sudah mampu menulis dengan indah, Anda sudah mencapai kondisi hati yang menyenangkan. Disadari atau tidak.
Begitu pun dengan tanda tangan, bila Anda mampu mengganti “tanda emosi negatif” menjadi “tanda emosi positif” dalam tanda tangan Anda, maka sikap Anda terhadap sesuatu juga akan berubah, disadari atau tidak. Nah bila sikapnya sudah berubah menjadi lebih positif, maka bukankah logis bila hidupnya lebih positif? Maka sekarang Anda bisa mengerti alasan mengapa tanda tangan bisa mengubah nasib seseorang. Berarti orang ini berhasil mengganti emosi negatif yang lama dipendam menjadi emosi positif.
Tapi ingat, tanda dalam tanda tangan hanyalah menjelaskan keadaan kini hingga masa lalu, tidak bisa menerangkan “apa yang AKAN terjadi dengan saya?” Bahkan, seluruh penilaian atas tanda tangan seseorang hanya berlaku saat itu, karena setiap orang bisa berubah setelah itu.
Jadi, setiap tanda tangan mempunyai arti dan pesan tersendiri??
So.. hati-hati dengan tanda tanganmu, barangkali ada orang yang bisa membaca masa lalumu dari tanda tanganmu.. ;)

0 komentar:

Posting Komentar